Powered By Blogger

Sabtu, 19 Mei 2012

Fotografi

Belakangan ini hobi fotografi seakan menjadi virus baru dikalangan masyarakat Indonesia. Alasannya sederhana, fotografi digital adalah kegiatan yang menyenangkan dan menantang. Tetapi, jika anda adalah orang yang benar-benar serius menekuni hobi ini, ada baiknya anda memperdalam ilmu fotografi itu sendiri. Karena, fotografi bukanlah sekedar memotret sebuah objek atau model kemudian diedit di Photoshop dan dipamerkan ke khalayak ramai.



Dibawah ini adalah 7 tips mendukung hobi fotografi:

  1. Bersahabatlah dengan kamera anda
    Kamera anda adalah senjata pamungkas anda dalam berpetualang di rimba fotografi ini.  Jadi, luangkanlah waktu anda untuk lebih mengenal kamera digital anda, dan bersahabatlah dengannya.
  2. Perlakukan kamera digital anda seperti pacar anda
    Anda harus mulai belajar untuk menyayangi kamera anda. Pelajarilah cara memegang kamera yang benar, cara merawat lensa yang tepat, bagaimana mengubah fitur, menggunakan lampu kilat secara tepat, dan lain sebagainya. Dan juga belajarlah untuk mengetahui aksesoris yang dapat melengkapi keanggunan kamera anda, seperti tripod, lensa, dan aksesoris lainnya.
  3. Pelajari karya fotografer lain.
    Dengan mempelajari karya fotografer lain, pengetahuan anda tentang fotografi akan meningkat pesat dan juga akan memberikan inspirasi baru untuk anda.
  4. Bergabung dengan komunitas fotografi.
    Ada banyak ide baru danteknik baru yang up-to-date yang bisa anda dapatkan dari sebuah komunitas. Dengan menjadi anggota komunitas fotografi, anda berkesempatan untuk belajar langsung dengan ahlinya dan ini lebih baik daripada sekedar berlatih dengan cara membaca dan membaca.
  5. Potret objek yang sama dengan berbagai variasi pemotretan.
    Berlatihlah untuk memotret dengan berbagai jarak potret yang berbeda, perspektif yang berbeda, kondisi cahaya yang berbeda, dan lain-lain. Dan juga pelajari perbedaan dari foto-foto yang diambil dengan cara yang berbeda.
  6. Publikasikan karya anda ke orang lain.
    Hasil kerja anda dapat dinilai baik atau buruk bila sudah ada orang lain yang beropini tentang karya anda tersebut. Dengan mempublikasikannya, anda dapat mengetahui kelebihan dan juga kekurangan dari hasil pekerjaan anda berdasarkan hasil kritik dari orang lain. Sehingga, anda dapat meningkatkan kemampuan anda menjadi labih baik.
  7. Berlatihlah dengan perlengkapan fotografi yang murah terlebih dahulu.
    Pada awalnya, anda tidak perlu menghabiskan dana 20 juta rupiah untuk membeli perlengkapan fotografi yang serba canggih dan serba terbaru. Berlatihlah terlebih dahulu dengan kamera yang murah. Kalau ilmu anda sudah mulai terasah dan anda sudah cukup percaya diri, barulah anda dapat membeli peralatan yang lebih baik untuk mendukung hobi Anda.
Semoga tips diatas dapat membantu anda yang memiliki hobi fotografi. Memang tidak mudah untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan hobi ini, dan memang hobi ini juga membutuhkan biaya yang besar.
Bila anda memilki tips lain yang berkaitan dengan hobi fotografi, silahkan sharing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar