Powered By Blogger

Jumat, 18 Mei 2012

Menggambar, sebagai Bakat dan Hobi


Menggambar, sebagai Bakat dan Hobi

Assalamu’alaikum .Wr .Wb
Pertama-tama kita panjatkan puja dan puji syukur pada kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kemudahan untuk menyelesaikan pembuatan blog ini. Tanpa rahmat, kasih sayang dan petunjuk dari-Nya mustahil blog ini dapat diselesaikan. SEMOGA BLOG INI BERMANFAAT DAN SELAMAT MEMBACA…

Gan sebenarnya kalian itu tahu gak sih apa sesungguhnya Bakat dan Hobi itu dan apakah kalian mempunyainya, nah dibawah ini saya akan menjelaskan apa itu sesunggunya bakat dan hobi serta anda bisa mengetahui apa sesungguhnya potensi pada diri anda.

Bakat
Bakat dalam literature ilmiah bisa bermacam-macam, ada istilah Talent, ada Giftedness, ada Traits, dan ada Intelligence seperti dalam “Multiple Intelligence, Aptitude, dst”. Tetapi bakat dalam pengertian bahasa adalah kelebihan/keunggulan alamiah yang melekat pada diri kita dan menjadi pembeda antara kita dengan orang lain. Coba perhatikan daftar kemampuan dibawah ini deteksi mana yang paling kuat dalam diri anda :
  1. Akting
  2. Berpetualang
  3. Estetika
  4. Artistic
  5. Keatlitan
  6. Pengetahuan Umum
  7. Mudah tersentuh
  8. Peduli
  9. Berani 
  10. Kreatif
  11. Menghafal
  12. Imajinasi
  13. Intuisi
  14. Daya Cipta
  15. Berlogika
  16. Kemampuan Matematis
  17. Kesabaran Ketangguhan 
  18. Music
  19. Melucu
  20. Kenpandaian

Daftar diatas hanyalah sebagian dari sekian banyak kemampuan ilmiah manusia yang belum atau tidak bisa dijabarkan. Dan lagi, kita perhatikan praktek hidup, amat sangat jarang ada orang yang hanya diberi satu kemmpuan dari daftar diatas. Anda hanya butuh empat kunci berikut untuk mengeluarkan potesi Anda yang sesungguhnya.
1. Keahlian
      Pernahkah Anda mempelajari sesuatu yang benar-benar baru dan ternyata Anda dapat menguasainya dengan mudah? Bisa jadi, itulah bakat yang sedang memanggil, menunggu Anda melepaskan dan mengembangkannya. Jika Anda dengan mudah bisa menyelesaikan sebuah perhitungan saat orang lain menyumpahi kalkulator, itu artinya bakat Anda sebagai seorang akuntan atau banker sedang berusaha muncul dan menyapa Anda. Nah, pikirkanlah hal-hal yang begitu mudah bagi Anda tetapi tidak bagi teman-teman. Kemudian, perhatikan bakat apa yang tengah bekerja pada diri Anda.
2. Ketertarikan
      Cara lain menemukan bakat adalah dengan memikirkan hal-hal yang begitu Anda inginkan. Seringkali hal-hal yang menarik perhatian selalu berkaitan dengan kemampuan alami atau bakat. lni merupakan suatu pola konsisten dalam hidup dan bukan sekadar cara menghabiskan waktu alias hobi semata.
3. Kepuasan
      Apa yang membuat Anda merasakan kebahagiaan dan kepuasan dalam bekerja? Bagi para atlet, perasaan hanyut sering terjadi ketika mereka berolahraga. Sementara bagi para ahli komputer, perasaan hanyut terjadi ketika mereka menghadapi piranti lunak. Dalam keadaan hanyut, kita memang menjadi sangat terfokus pada kesempatan untuk menggunakan bakat. Alhasil, pola gelombang otak kita saat itu begitu mirip dengan pola gelombang otak ketika kita tertidur lelap. Nah, sekarang apa yang membuat Anda terhanyut? Jika Anda belum juga menemukan, pikirkan suatu kegiatan yang membuat Anda terlibat sepenuhnya. Mungkin bakat Anda ada di sana.
4. Kebiasaan
      Pernahkah Anda dipuji karena kemampuan atau sikap Anda? Misalnya, orang menilai Anda sebagai karyawan yang sangat teratur atau ide pemasaran Anda hebat, atau Anda pendengar yang baik, dan lain sebagainya. Lewat komentar orang-orang di sekitar, Anda juga bisa mengetahui kemampuan alami Anda. Ketrampilan alami memang bisa muncul dalam berbagai cara. Namun, kadang kita menganggapnya biasa saja karena ketrampilan itu sudah sangat melekat sehingga hampir tak disadari kehadirannya.

Hobi
            Semua orang memiliki sejumlah hobi yang berbeda-beda, satu orang bisa memiliki dua hobi sekaligus ataupun lebih dan bermacam-macam. Hobi membuat kita merasa nyaman saat kita mengerjakannya di karenakan adanya motivasi dalam diri kita untuk mencapai suatu tujuan yang dikendaki. Hobi pun bisa bermacam-macam seperti Hobi menggambar, melukis, main game, berenang, membaca, menulis, dan lain-lain.
Istilah Hobi sendiri pun dalam Bahasa Indonesia merupakan sebuah kata serapan yang berasal dari Bahasa Inggris “Hobby” yang berarti kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang/kosong/senggang untuk menenangkan pikiran seseorang. Dalam Kamus, kata Hobi didefinisikan sebagai :
1.      Kegemaran, dan
2.      Kesenangan yang istimewa pada waktu senggang/luang/kosong, bukan pekerjaan utama/yang terpenting, dan bukan sebagai mata pencaharian
Hobi biasanya bertujuan untuk mendapatkan atau memenuhi keinginan dan kesenangan dalam diri
Nah dari pembahasan semua ini yang berkaitan dengan bakat dan hobi saya akan memberitahukan kepada kalian apa sebenarnya bakat dan hobi yang ada dalam diri saya. MENGGAMBAR adalah bakat dan hobi saya. Saya  sangatlah bersyukur dapat memiliki bakat dan hobi menggambar dikarenakan dengan menggambar saya dapat mencurahkan semua apresiasi saya pada lembaran kertas, entah itu emosi saya, kekaguman saya, kerinduan dll.
Tetapi apakah sebenarnya itu menggambar? Menggambar berasal dari kata serapan Bahasa Inggris yaitu Drawing yang berarti kegiatan membentuk imajinasi, dengan menggunakan banyak pilihan tekhnik dan alat. Bisa pula berarti membuat tanda tertentu diatas permukaan kertas dengan cara menggores. Menggambar sedikit dibedakan dengan kegiatan melukis. Melukis bisa disebut sebagai tahap penyelesaian sebuah gambar dengan pigmen yang diberi medium cair dan diaplikasi dengan kuas. Sementara menggambar lebih menitikberatkan penggunaan garis dan komposisi.
Peralatan dalam menggambar pun sangatlah simpel hanya menggunakan sebuah pensil dan penghapus, tetapi bila ingin mendapatkan hasil yang maksimal bisa menggunakan alat-alat yang lain seperti spidol, pena, pensil warna ataupun dengan peralatan digital seperti stylusmouse, atau alat lain yang menghasilkan efek sama seperti peralatan manual. Dan dibawah ini adalah gambar yang saya buat sob coba anda lihat :





Maaf gan hanya beberapa gambar yang bisa saya tampilkan sekarang, soalnya lagi memiliki banyak tugas menumpuk,,hahaha…dan sekarang saya akan menjelaskan tentang sejarah menggambar.
Sejarah menggambar
Karya gambar(Drawing) sudah dikenal sejak masa Prasejarah. Dan kegiatan ini menyebar di Eropa tahun 1400an dan seiring berkembangnya gambar setiap abad telah manghasilkan karya-karya yang luar biasa, Pencipta gambar terkenal pada tahun 1400-1500an ialah Leonardo da VinciAlbrecht Dürer,Michelangelo, dan Raphael, pada tahun 1800an ialah Vincent Van Gogh yang juga memotivasiku untuk selalu mencoba menggambar dengan baik dan pada tahun 1900an ialah Pablo Picasso, dan Jackson Pollock. Nah itulah beberapa penjelasan tentang Bakat, Hobi dan Menggambar yang sebagai keahlianku.

Mungkin cukup sekian dari saya untuk penyampainnya semoga bermanfaat untuk ananda dan dapat menjadi motivasi ananda sekaliann.
Akhirusalam
Wassalamu’alaikum .Wr .Wb









Tidak ada komentar:

Posting Komentar