Powered By Blogger

Selasa, 22 Mei 2012

Menabung (SAVING MONEY)

   Menabung adalah kegiatan menyisihkan uang untuk disimpan, tapi bila kita jadikan apa itu menabung sebagai hobi kita akan sangatlah berguna dikarenakan dapat melatih kita untuk hidup tidak boros. Tapi semua orang berbeda karakternya, ada yang suka menabung dan ada pula yang tidak suka dengan menabung, tidak sedikit dari mereka lebih suka menggunakan uangnya untuk berfoya-foya melakukan hal yang tidak berguna, membeli barang yang tidak perlu dll. Tapi ada pula mereka yang suka menabung, membeli barang seperlunya dan menyisihkan uang mereka untuk ditabung, mungkin mereka telah tahu kalau menabung memberi mereka manfaat di kemudian hari atau sebaliknya kegiatan menabung hanya sebagai sebuah hobi semata. Orang yang suka menabung biasanya memiliki ciri-ciri, dan ciri-cirinya sebagai berikut ini:

  1. selalu membuat data keperluan pokok sehari-hari.
  2. mengarang anggaran biaya yang akan diperlukan hari ini.
  3. membeli barang-barang yang dibutuhkan saja.
  4. memiliki keinginan besar untuk menabung.
Tapi apabila kita benar-benar berniat untuk menabung dari sekarang, maka sebaiknya hindarilah pola pikir atau hal-hal dibawah ini:
  1. Tak Ada Uang, Alasan seperti ini sering diutarakan oleh banyak orang yang memang tidak suka menabung. Mereka beralasan tidak ada uang karenanya mereka tidak menabung. Hindari hal ini, jangan terus kamu berpatokan dengan hal ini. Pikirkan kemana saja uang gaji kamu satu bulan? Apakah benar-benar dimanfaatkan dengan baik atau tidak. Tinjau ulang semua anggaran belanja kamu bulan kemarin. Pasti seharusnya ada uang lebih dari gaji kamu. 
  2. Jangan andalkan pemikiran “menabung jika masih ada sisa”, Ini terkesan sangat pasrah dan tidak berniat menabung. Jika kamu mengandalkan sisa uang dari penghasilan setelah dipakai berbagai keperluan untuk ditabung, maka kemungkinan besar tidak akan ada sisanya. Kalaupun ada, biasanya jumlahnya sangat kecil. Jadi buang jauh-jauh pemikiran semacam itu. Mulai sekarang, beri tarjet berapa uang yang akan kamu tabung perbulan atau bahkan perhari. 
  3. Masih ada waktu, Ingat istilah “waktu ada uang”, jika iya maka jangan sia-siakan waktumu. Anggapan masih ada banyak waktu itu hanya akan mendorong kamu bertindak malas dalam menabung. Manfaatkanlah waktumu dengan sebaik mungkin. Belajarlah menabung sejak sekarang karena waktu tidak akan menunggumu. 
  4. Keluarga kaya, Latar belakang orang tua yang sudah kaya terkadang membuat banyak orang berpikir mereka tidak perlu menabung lagi. Padahal, belum tentu kekayaan itu untuk selamanya. Ingat, ekonomi dan hidup seseorang itu bisa berubah kapan saja, terkadang di atas terkadang di bawah. Jadi, sebelum terlambat menabunglah mulai dari sekarang agar masa depan kamu lebih terjamin. Jangan terus berpangku tangan dengan orang tua, berusahalah untuk meraih sukses sendiri. 
  5. Dia sudah menabung, Anggapan seperti ini sering dijadikan alasan para istri malas menabung. Dengan asumsi kalau suami sudah menabung istri tidak perlu menabung itu adalah kesalahan besar. Sebaiknya jika Anda mempunyai uang lebih, tak ada salahnya memiliki tabungan sendiri. Sekedar berjaga-jaga, tak ada salahnya kan?

INGATLAH...!!!

RAJIN MENABUNG PANGKAL KAYA




SEDIKIT DEMI SEDIKIT MENABUNG MENJADI BUKIT



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar